Pendaftaran HKI Online Tak terlalu Banyak Diketahui

Posted by

Pendaftaran HKI Online Tak terlalu Banyak Diketahui Oleh Masyarakat Luas. Cara Ini Mempermudah Pemilik Usaha, Entah itu Itu Berupa Barang Ataupun Jasa Yang Ingin Mendaftar nama ataupun merk dagangnya pada lembaga resmi negara. Hal ini pun dibenarkan oleh DIrektur Jenderal Kekayaan Intelektual serta pihaknya juga terus membenahi prosedur pendaftaraan hak atas kekayaan intelektual dengan cara daring. Hal ini ditujukan untuk menaikan daya saing yang terjadi ditengah-tengah implementasi Masyarakat Ekonomi Asean. Dalam tata cara pendafataran hak kekayaan intelektual tersebut, ada dgip paten yang menjadi salah satu unsur yang dapat dipakai untuk memudahkan semua prosedurnya.

Pendaftaran Hak Cipta

Dgip sendiri adalah alamat website resmi dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang dapat Kamu akses dengan gampang serta gratis. Disana, ada sejumlah unsur yang dapat membantu didalam pengurusan pendafataran HKI dengan cara online. Sebagaimana yang telah banyak kita ketahui, prosedur pendaftaran hak kekayaan intelektual membutuhkan waktu yang lumayan lama. Proses pendaftaran sendiri memerlukan waktu 14 bulan 10 hari. Diharapkan dengan tersedianya sistem pendaftaran dengan cara online ini, bisa menipiskan waktu yang tidak sebentar itu.

Pihak Direktorat sendiri mengatakan jika didalam pendaftaran HKI dengan cara online, diperlukan waktu kurang lebih Delapan bulan saja. Hal ini dilaksanakan dengan memangkas proses pengumuman serta pengecekan substantive yang mulanya 3 dan 9 bulan jadi 2 dan 5 bulan. Disamping itu, tahap-tahap sertifikasi merk pun pihaknya berusaha untuk dapat dioptimalkan didalam waktu 30 hari. Sampai sekarang, prosedur pendaftaran HKI online bisa dengan gampang diakses lewat situs resmiĀ http://www.pendaftaranmerekdagang.com/syarat-pendaftaran/.

Hak Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Disana, tidak cuma di sediakan fitur pendaftaran saja, tapi juga terdapat fitur database, pengajuan permohonan, pencarian, costumer service, sampai fitur pengaduan yang dapat dilakukan dengan cara online. Di fitur database misalnya, web dgip ini memberikan database yang dihubungkan dengan WIPO yang menampung beragam informasi mengenai merk dagang serta jasa yang terdapat diseluruh dunia. Data-data berbentuk desain logo merek yang terdapat diseluruh dunia ada didalam fitur Global Desain Database.

Ditjen HKI hak merk dagang pun ada di salah satu fitur web punya Kementrian Hukum dan HAM itu. Tidak cuma mengenai mekanisme permohonan pendaftaran HKI, tapi juga berhubungan dengan rincian biaya serta status permohonan yang tengah diajukan oleh pemilik merk dagang dan jasa. Maka jelas jika pendaftaran HKI yang dilakukan dengan cara online ini bakal mempermudah calon pendaftar untuk dapat melengkapi sejumlah syarat-syarat serta memathui ketentuan-ketentuan yang musti dipenuhi oleh calon pendaftar merk dagang. Ditjen HKI sendiri tidak sekedar melayani pendaftaran merk dagang saja, tapi juga melayani hak cipta, desain industry, serta hal-hal terkait lain dengan tarif yang murah serta cukup mudah.

Untuk pengembang usaha, khususnya usaha baru, pendaftaran HKI online sangat membantu dalam pengurusan merk dagang dan jasa yang tengah dijalaninya. Hal ini berhubungan erat dengan strategy branding yang bakal membantu mempromosikan produkny agar dapat lebih cepat dipasarkan serta dikenali oleh masyarakat luas yang menjadi target pasar. Tapi, sebelum dilakukan pendaftaran, diperlukan riset lebih dulu seputar merk dagang yang sekarang ada diseluruh dunia. TIdak cuma berfungsi untuk terhindar dari pemakaian merk dagang yang sama dengan pengusaha yang lain.

Hak Kekayaan Intelektual

Namun bisa pula sebagai acuan supaya pengusaha baru bisa mengajukan merk dagang yang inovatif tanpa harus meniru merk yang telah ada sebelumnya. Cara untuk tahu merek-merek dagang yang ada ini dapat dilakukan secara online. Cara memeriksa merk dagang online haki jadi salah satu cara gampang untuk Kamu untuk melakukan riset didalam penentuan merk sendiri. Cara pemeriksaan yang sangat sederhana, Kamu bisa langsung ke web resmi Ditjen Haki yang mempunyai wewenang untuk menerbitkan serta melindungi produk dari seluruh usaha yang ada. Malah, tidak cuma merk dagang yang tersedia, tapi juga hak cipta, serta desain industry yang merupakan bagian terpenting lainnya yang juga termasuk di dalam unsur-unsur bisnis.

Disana, ada fitur database yang menampung berbagai merk dagang, entah itu barang ataupun jasa yang ada diseluruh dunia. Informasi seputar database merk dagang di web yg terkoneksi dengan WIPO. WIPO adalah World Intelectual Property Organization. Dimana tidak cuma memuat merk dagang diseluruh dunia saja yang ditampilkna, tapi juga memuat database desain yang menjadi logo merk dagang yang sudah terdaftar sebelum-sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.